Chandra Ekajaya Pantau Pengiriman Barang

Dok.Chandra Ekajaya

Dok.Chandra Ekajaya

Pengusaha Chandra Ekajaya mengatakan bahwa pengiriman barang lewat jalur darat masih mendominasi sirkulasi pengiriman di Indonesia. Pembenahan pun dilakukan oleh PT KAI, guna mendongkrak angka pengiriman barang. Upaya juga dilakukan, mulai dari mensterilisasi sejumlah rel kereta api, percepatan jalur, jaminan keamanan, serta ongkos murali mulai dilakukan pihak KAI demi memperlancar angkutan barang.

Menurut catatan PT KAI, angkutan barang menggunakan kereta api hanya 0,67 persen dari total angkutan barang nasional. Dominasi tertinggi pun masih pada angkutan jalan raya sebesar 91,25 persen. Sisanya 8,06 persen didominasi transportasi lain.

Dok.Chandra Ekajaya

Di Jakarta sendiri, menurut pengusaha Chandra Ekajaya, daya angkut barang menggunakan kereta api masih minim. Tingginya lalu lintas barang berdampak pada daya angkut

kereta barang. Meskipun telah menggunakan jalur malam tiap dua hari sekali, namun peminat tak juga meningkat.

Direktur Komersial dan IT PT KAI, Kuncoro Wibowo mengatakan, pihaknya telah melakukan upaya untuk menaikan jumlah angkutan barang. Padahal pengakutan barang dengan menggunakan jasa charter tidak dikenakan pajak pertambahan nilai (ppn). Meski sudah diskon, peminat angkutan barang tidak juga bertambah.

“Padahal kita sudah menambah gerbong, seperti ke Surabaya 30 rangkaian dan ke Selatan 15 rangkaian,” tuturnya saat ditemui dalam diskusi di Stasiun Tanjung Priok, Selasa (28/2) siang.

Ketua Umum Masyarakat Perkeretaapian Indonesia, Hermanto Dwiatmoko mengatakan, pemerintah sendiri telah melakukan beragam cara untuk menunjukan keberpihakanya kepada KAI. Salahnya tidak menghapus PPN bagi pengguna jasa jalur darat mobil. Sebab itulah, ia mendorong agar pengangkutan barang menggunakan jasa kereta api harus lebih dirangsang, karena menguntungkan. Pengusaha Chandra Ekajaya sangat berharap adanya pembenahan dan perbaikan supaya nantinya pengiriman barang bisa lebih optimal dan maksimal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*