Chandra Ekajaya Keluhkan Harga Ikan Bilis

Dok.Chandra Ekajaya

Dok.Chandra Ekajaya

Pengusaha Chandra Ekajaya mengeluhkan harga ikan bilis yang melambung sangat tinggi. Ikan ini memang sulit ditangkap, tetapi bukan karena alasan itu kemudian serta merta harga ikan ini naik bagaikan jet coaster hingga mencapai harga 180 ribu rupiah per kilogramnya. Bila dibandingkan dengan harga daging sapi, ikan bilis jauh melampaui.

Harga daging sapi hanya menyentuh 120 ribu rupiah per kilogramnya. Padahal satu bulan yang lalu ikan bilis pun harganya masih di sekitaran 160 ribu rupiah, kemudian selang satu minggu naik menjadi 170 ribu rupiah, dan akhirnya mencapai harga 180 ribu rupiah. Meskipun mahal, tetapi ikan bilis ini tetap saja laku ujar Chandra Ekajaya.

Dok.Chandra Ekajaya

Tetapi masyarakat kecil sudah tidak bisa menjangkaunya. Jadi pembelinya kebanyakan masyarakat menengah ke atas. Menurut keterangan para pembeli dan pedagang, mereka menyebutkan bahwa penyebab harga ikan bilis ini semakin mahal adalah karena para nelayan kesulitan dalam melakukan penangkapan. Ini pun masih diselidiki, takutnya terjadi penimbunan.

Indonesia, terutama di bagian selatan memang sedang mengalami cuaca yang ekstrem. Faktor cuaca menjadi salah satu faktor yang memberatkan para nelayan. Selain itu ketersediaan ikan bilis di perairan atau lautan juga menjadi salah satu faktor penting. Bila memang jenis ikan ini langka, maka sangat wajar jika harganya mahal. Tetapi ini menjadi persoalan mengenai pelestariannya.

Karena itu ini juga harus menjadi perhatian dari pemerintah. Sebagai pengelola dan pelaksana pemerintahan, mereka harus bisa mengontrol harga ikan yang beredar di pasaran supaya nantinya masyarakat yang ekonominya rendah bisa mengakses dan menikmati ikan jenis bilis itu. Masyarakat pun dihimbau untuk melakukan pelestarian dan tidak menangkap ikan bilis yang masih kecil.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*