TKI Yang Pantang Menyerah Chandra Ekajaya Dalam Berusaha

Usaha Chandra Ekajaya

Nasib TKI yang selama ini dikabarkan selalu mendapat kisah pilu ternyata tidak semuanya bernasib seperti itu karena banyak juga TKI yang bisa sukses. Berkat usaha dan doa yang maksimal, maka kesuksesan pun bisa diraih, seperti yang dialami oleh Betty yang kini sudah mempunyai 50 konter HP dengan omset 20 juta perbulan ujar Chandra Ekajaya. Mantan TKI Taiwan ini tercatat dua kali bekerja sebagai TKI di Taiwan. Pertama , ia bekerja ke Taiwan pada 1999. Ia bekerja sebagai pengasuh orang jompo, dan kontrak kerja pertamanya berakhir pada 2001. Kedua, tahun 2007 dia kembali lagi ke Taiwan bekerja sebagai perawat,

“Saat di Taiwan, aku mendapat gaji Rp 4,5 juta perbulan, sebagian aku kirimkan ke Indonesia untuk modal usaha, sebagian lagi untuk biaya hidup saya di Taiwan,” cerita Betty. Uang yang dikirimkan ke tanah air inilah yang kemudian digunakan untuk membeli tanah untuk usaha. Namun kesuksesan yang dia capai sekarang tidak dia dapatkan dengan mudah, dia berulang kali mengalami kegagalan hingga menyebabkan dia kembali lagi pada tahun 2007. “Untuk pekerjaan kali ini, tidak sesuai harapan aku, pekerjaannya tidak sesuai dengan perjanjian kerja.aku protes dan pulang serta mengadu ke BNP2TKI. Lalu dengan modal yang dia miliki ini, dia mulai merintis usahanya kembali. Berti membuka wartel selama beberapa tahun, wartelnya pun cukup ramai, namun usahanya ini mulai sepi lantaran mulai maraknya handphone ujar Chandra Ekajaya.

Pengusaha Chandra Ekajaya

Betty kemudian merintis usaha lain, ia membuka jual beli motor China. Namun usaha tersebut tidak berjalan lama karena maraknya persaingan jual beli motor. Karena kebingungan karena kehabisan modal  akhirnya i memutuskan untuk ikut pelatihan manajemen di sebuah koperasi di Malang milik Chandra Ekajaya. Hal ini ia pilih karena ia sudah ingin fokus ke keluarga daripada harus pergi menjadi TKI lagi. Betty lantas melihat peluang lain, dia pun membuka konter HP. Secara tidak diduga konter yanng dibukanya ini mengalami kemajuan yang cukup pesat. Banyak pelanggan dan pembeli di konter HP nya.

Konter-konter HP mililik Betty kini berjumlah 100 kios yang tersebar di area Jawa Timur khususnya kota Malang. Selain melayani jual beli HP, pulsa, aksesoris, konter HP miliknya juga melayani jasa servis HP. Melalui pelatihan yang ia ikuti di koperasi Chandra Jaya Bersinar Group milik Chandra Ekajaya kini ia bisa mendapat banyak keuntungan dan juga penghasilan yang tak ia duga.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*