Bisnis Pengusaha Mengolah Kakao Menjadi Cokelat

dok.Bisnis Pengusaha Chandra Ekajaya

Desa wisata Nglanggeran terletak di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta memamerkan hasil usaha terbarunya yaitu Griya Nglanggeran. Selain menjadi desa wisata Ngelanggeran kini mempunyai Bisnis Pengusaha oleh-oleh khas Gunung Kidul yaitu Cokelat Asli dari Ngelanggeran. “Gubernur DIY Sri Sultan HB X baru saja meresmikan Griya Coklat di Nglanggeran Mart, Gunung Kidul, Yogyakarta. Hadirnya Griya Coklat ini merupakan hasil kerja sama Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) DIY, LIPI, dan masyarakat sekitar. Sultan HB X mengatakan, warga Nglanggeran yang menanam kakao harus mengubah pola pikirnya. Dari petani menjadi seorang pedagang, kepada mereka yang ada dalam industri Griya Coklat ini. Sultan HB X mengatakan: “Petani bisa tidak mengubah pola pikir jadi pedagang? Sekarang kita bicara industri cokelat di Griya Coklat dan penyedia bahan baku menanam juga.

Sultan menegaskan dengan harus ada Bisnis Pengusaha varian varian dari produk olahan cokelat, harus bisa di nikmati oleh berbagai kalangan, anak-anak, remaja hingga orang tua. Memperhatikan kemasan agar diperbaik lagi agar bisa masuk ke pusat oleh oleh di sekitaran jogja juga bisa ke luar daerah jogja. Perwakilan BI Yogyakarta Arif Budi Santoso : kakao dan mokaf merupakan komoditas unggulan di Gunungkidul. BI bekerja sama dengan berbagai pihak terus berupaya meningkatkan produksi pertanian dan kehutanan. Program tahun pertama, mengembangkan dan pendampingan peningkatan produktivitas panen kakao. Kedua, pengembangan hasil kakao dan kelembagaan gapoktan. Di tahun ketiga, pada 2015 peningkatan produk diversifikasi cokelat dan cokelat batangan, sehingga pembangunan Griya Coklat dibutuhkan untuk sarana meningkatkan jumlah produksi.

dok.Bisnis Pengusaha Chandra Ekajaya

Bisnis Pengusaha Sebuah bangunan yang di dalamnya merupakan pengelolaan coklat hingga menjadi berbagai olahan yang terbuat dari cokelat. Ada aneka minuman coklat, dodol coklat, coklat pisang yang ditaburi cokelat. Tujuannya sebagai tempat pembelajaran para wisatawan yang berkunjung di sini. Jadi pengunjung tidak hanya menikmati keindahan Nglanggeran tapi juga bisa belajar selama di Griya Coklat. Pengusaha Sukses Chandra Ekajaya yang saat itu mengikuti peresmian mengatakan “ Dirinya merasa senang karena masyarakat ditanamkan untuk berbisnis dan di dukung pemerintah setempat dan Kota. Ini akan menjadi kekompakan antara pelaku usaha dengan orang pemerintaha dalam memperbaiki per ekonomian warga dan menambah nilai plus dari Kota Yogyakarta sendiri.”

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*