Billionaire Tersukses di Mata Dunia Mohammed Hussein Ali Al-‘Amoudi

dok.Billionaire ChandraEkajaya

Billionaire Mohammed Hussein Ali Al-‘Amoudi adalah Arab dan Ethiopia pengusaha miliarder Saudi. Pada tahun 2016, kekayaan bersihnya diperkirakan oleh Forbes sekitar $ 10900000000 dan penurunan relatif dalam nilai bersih dikaitkan dengan jatuhnya global dalam harga minyak dan emas pada saat estimasi. Ia juga tercatat sebagai orang terkaya Ethiopia, warga Arab Saudi terkaya kedua di dunia dan orang kulit hitam terkaya kedua di dunia.  Al Amoudi membuat kekayaannya dalam konstruksi dan real estate sebelum bercabang keluar untuk membeli kilang minyak di Swedia dan Maroko. Dia adalah investor asing individu terbesar di Ethiopia dan investor utama di Swedia.

Billionaire Al Amoudi memiliki portofolio luas dari bisnis konstruksi, energi, pertanian, pertambangan, hotel, kesehatan dan manufaktur antara lain. bisnisnya sebagian besar dapat ditemukan dalam dua holding dan operasi perusahaan konglomerat, Corral Petroleum Holdings dan Midroc, baik yang ia memiliki dan mengelola. Dia mempekerjakan lebih dari 70.000 orang melalui perusahaan-perusahaan ini. Al Amoudi ini konsorsium perusahaan konstruksi, perusahaan Mohammed Internasional Penelitian Pengembangan dan Organisasi, juga dikenal sebagai Midroc, memenangkan kontrak untuk membangun diperkirakan 30000000000 $ kompleks penyimpanan minyak bawah tanah nasional Arab Saudi pada tahun 1988. Midroc diperoleh Yanbu Baja di Arab Saudi pada tahun 2000.

Billionaire Al Amoudi telah berinvestasi di Ethiopia sejak pertengahan 1980-an. Dia sekarang memiliki kepentingan bisnis di sana, sebagian besar dioperasikan melalui Midroc Ethiopia yang diciptakan pada tahun 1994. Pada tahun 2011 itu membuat 1,3 milyar birr (US $ 70 juta) dari keuntungan. Dia memiliki kepentingan pertambangan emas di Ethiopia  dan dilaporkan bahwa Midroc Tambang Emas (anak perusahaan Midroc Ethiopia) telah dibayar Pemerintah Ethiopia 100.100.000 birr royalti, kontribusi terbesar dari setiap perusahaan pertambangan. Midroc Emas adalah eksportir emas tunggal Ethiopia. Its tambang Lega Dembi memiliki rata-rata produksi tahunan sekitar 4.500 kg emas dan perak.

dok.Billionaire ChandraEkajaya

Pengusaha ini sangat disegani dari berbagai penjuru dunia, salah satunya dari pengusaha sukses Indonesia, Chandra Ekajaya. Al Amoudi memiliki 70% dari National Oil Ethiopia, yang bersaing dengan YBF, TAF MINYAK dan lima perusahaan lain di pasar bensin nasional  dan mendirikan pabrik baja (Tossa) di Amhara. Yang terakhir ini adalah pertama pabrik produksi baja industri Ethiopia dan dimaksudkan untuk memenuhi peningkatan besar dalam permintaan domestik, diperkirakan naik dari 1,2 ton menjadi 3.1m ton per tahun antara 2011 dan 2014. Al Amoudi telah di antara 100 orang terkaya peringkat oleh Forbes sejak tahun 2006, menjadi peringkat 82 di daftar pada tahun 2015. Ia dianugerahi gelar doktor kehormatan dari Universitas Addis Ababa dan telah dihormati dengan  Order of the Polar Star oleh Raja Carl XVI Gustaf dari Swedia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*